Selasa, 31 Mei 2016

Apa Itu Jerawat Penyebab dan Jenisnya

Apa itu jerawat, jenis jerawat dan penyebab munculnya jerawat - Kali ini kami akan mengulas seputar jerawat. Mulai dari pengertian apa itu jerawat, jenis-jenis jerawat dan penyebab jerawat, hingga cara menghilangkan jerawat cepat. Jerawat merupakan salah satu masalah kesehatan wajah yang paling banyak dan paling mudah kita jumpai. Banyak orang yang beranggapan bahwa jerawat hanya muncul pada wajah, namun ternyata jerawat juga muncul pada punggung, ataupun leher. Jerawat menjadi salah satu masalah wajah yang serius. Adanya jerawat walaupun berukuran kecil, seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan menyebabkan ketidak percayaan diri. Khususnya untuk wanita, yang rela mengeluarkan banyak uang untuk menghilangkan jerawat dengan melakukan perawatan hingga jutaan rupiah.

Apa Itu Jerawat Penyebab dan Jenisnya

Penyebab Timbulnya Jerawat

Berikut ini kita akan mengulas seputar jerawat. Mulai dari pengertian jerawat, jenis-jenis jerawat yang sering muncul hingga penyebab timbulnya jerawat. Jika kita sudah paham pengertian jerawat, maka akan sangat mudah bagi kita untuk menentukan cara menghilangkan jerawat yang tepat untuk mengobati jerawat secara cepat.

Apa itu jerawat ?

Jerawat merupakan peradangan pada kulit kita. Jerawat atau sering disebut dengan  Acne vulgaris ini biasanya muncul pertama kali saat memasuki usia remaja. Penyebab jerawat ini dikarenakan adanya perubahan hormon pada tubuh kita. Tidak ada seorang pun yang memasuki masa remaja tanpa adanya jerawat walaupun hanya sekali dalam seumur hidup. Jenis jerawat yang dimiliki seseorang kadang kala berbeda dengan orang lain. Ada yang berukuran kecil dan ada pula yang berukuran besar. Selengkapnya untuk jenis-jenis jerawat silahkan dibaca dibawah ini.

Jenis-jenis jerawat berdasarkan bentuknya

1. Jerawat radang
Apa sih pengertian jerawat radang ini ?. Jerawat radang merupakan keadaan dimana kantung folikel yang terdapat pada dermis kulit terisi oleh lemak padat. Akibatnya dermis akan mengembung dan pecah. Sehingga mengakibatkan darah putih akan menyerang folikel sebasea yang mengakibatkan terjadinya peradangan kulit. Sel darah putih sendiri sering diartikan sebagai pihak keamanan yang menyerang benda-benda asing seperti bakteri yang masuk dalam tubuh kita. Jerawat radang ini akan terasa sakit saat disentuh. Apalagi jika cara cepat menghilangkan jerawat yang kamu lakukan dengan memencet keluar secara paksa. Mata jerawat yang biasanya berupa nanah akan terasa sangat perih. Apalagi jika kondisi tangan tidak bersih, malah akan menyebabkan peradangan yang lebih parah dan menyebarkan jerawat ke daerah disekitarnya.

2. Komedo
Komedo pada dasarnya juga termasuk dalam jenis jerawat. Namun komedo tidak mengalami peradangan. KOmedo hanya menyumbat pori-pori kulit. Komedo sendiri dibedakan menjadi dua jenis. KOmedo hitam yang memiliki warna kepala hitam. Biasanya letaknya diatas permukaan hidung. Serta komedo putih yang berwarna putih, yang letaknya pada bagian bawah hidung, lekukan antara hidung dan pipi.

Jenis jerawat yang dikenal umum

1. Jerawat pasir
Jenis jerawat ini merupakan yang paling sering kita temui. Jenis jerawat pasir memiliki bentuk kecil namun  umumnya banyak.

2. Jerawat batu
Berbeda dengan jerawat pasir yang berukuran kecil, jerawat batu malah berukuran besar. Karena ukurannya lebih besar, maka tak heran jika jerawat ini memiliki mata jerawat yang lebih besar. Harus sangat hati-hati jika ingin mengatasi jerawat batu. Karena tak sembarangan cara menghilangkan jerawat yang bisa dilakukan. Jika salah malah akan semakin memperparah jerawat, apalagi jika memencet paksa rasa sakitnya 10x lebih sakit dibanding memencet jerawat pasir.

Penyebab munculnya jerawat

Penyebab timbulnya jerawat pada wajah harus kita pahami, terutama untuk mencegah munculnya jerawat. Penyebab jerawat pada remaja sudah kita ketahui. Yaitu akibat adanya perubahan hormonal pada tubuh saat masa pubertas. Namun jerawat bukan saja muncul pada remaja, akan tetapi juga kita sering jumpai muncul pada orang dewasa. Hal itu membuat kita bertanya apa sih penyebab timbulnya jerawat?. Simak penjelasan dibawah ini untuk tahu apa saja penyebab jerawat.

1. Produksi minyak berlebih
Jerawat bisa saja muncul walaupun kita sudah rajin membersihkan wajah, misalnya kita sudah rajin mencuci muka tapi jerawat kok masih saja muncul. Perlu kita pahami bahwa munculnya jerawat bisa disebabkan faktor internal tubuh kita. Jerawat muncul karena adanya kondisi abnormal pada kulit. Gangguan akibat kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus gland) yang menyebabkan adanya penyumbatan pada folikel pori-pori dan rambut kulit.

2. Bakteri
Bakteri p. acne menjadi penyebab munculnya jerawat. Bakteri ini dapat berkembang biak pada kelenjar sebaceos yang mengalami penyumbatan, adanya bakteri ini akan menimbulkan iritasi pada kulit. Pembengkakan ini bisa bertambah besar dan bisa pecah kapan saja. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab jerawat batu yang terasa sangat perih dan sakit yang akan menimbulkan bekas jerawat bopeng besar dan menyebabkan noda hitam pada kulit.

3. Sel kulit mati
Sel kulit mati juga merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Produksi minyak berlebih yang menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit bercampur dengan sel-sel kulit mati. Menjadikan lingkungan yang efektif untuk bakteri berkembang biak.

4. Kurang menjaga kebersihan wajah
Langkah dasar yang paling mudah untuk mencegah jerawat ialah dengan rajin mencuci muka. Kondisi setipa individu berbeda-beda, ada yang mudah berminyak ada pula yang cenderung memiliki kulit sedikit kering. Dengan rajin mencuci muka, bagi kamu yang mempunyai wajah berminyak akan membantu menghilangkan minyak di wajah yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Dengan mencuci muka juga akan membantu menghilangkan kotoran dan debu serta sel kulit mati yang menempel pada wajah. Membuat wajah terlihat segar dan bebas dari jerawat.

5. Alergi makanan tertentu
Untuk yang kali ini juga berbeda-beda untuk setiap untuk setiap individu. Pernah dengar bahwa jika kita terlalu banyak makan kacang-kacangan akan menyebabkan munculnya jerawat. Hal ini mungkin saja terjadi pada beberapa orang, namun tidak semua. Jadi jika kamu alergi dengan makanan ini, semisal kacang rebus, maka kurangi konsumsi kacang walaupun kamu suka agar tidak muncul jerawat di wajahmu.

6. Makanan berlemak dan kelebihan berat badan
Hal ini pasti tidak asing lagi. Banyak yang membuktikan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dapat menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu orang-orang dengan berat badan lebih biasanya lebih mudah memiliki jerawat.

7. Stress
Orang-orang yang terlalu banyak pikiran akibat perkejaan atau masalah hidup mudah sekali untuk memiliki jerawat. Selain jerawat, kondisi stres juga mengakibatkan adanya penuaan dini.

Jerawat bisa saja muncul pada wajah, punggung, ataupun leher. Dengan mengetahui penyebab jerawat kita bisa tahu cara mencegah jerawat serta cara menghilangkan jerawat dengan benar dan efektif. Demikianlah sekelumit pengetahuan mengenai apa itu jerawat penyebab jerawat dan jenis-jenis jerawat. Semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : Apa Itu Jerawat Penyebab dan Jenisnya